.

18 Views |  Like
Anas Hidayat
Bekerja sebagai arsi-TEKS (arsitek yang bergelut dengan teks) di sebuah negeri kecil yang dia beri nama ReK – Republik Kreatif di Surabaya. Lulusan Sarjana dan Magister Arsitektur ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya dengan tesis tentang hubungan antara Arsitektur Jawa/Primbon dan Hermeneutika (Filsafat Penafsiran).
Anas juga pengajar Arsitektur di UKDC (Universitas Katolik Darma Cendika) dan UPN Veteran Jawa Timur di Surabaya, serta aktif di Lesnika (Lembaga Studi Etnika) UKDC Surabaya. Berminat pada kajian seputar arsitektur Nusantara dan Indonesia serta “jungkir balik” architectural discourse dalam arti luas.
Bukunya yang pertama berjudul Arsitektur Koprol (2010) yang diterbitkan oleh Dewan Kesenian Jawa Timur, juga menulis buku-buku kolaborasi dengan penulis-penulis lain (seperti Buku C/S/A Contemporary Surabaya Architecture dan Buku +1 Karya Arsitek IAI Jatim). Kadang-kadang juga men-dalang lakon kontekstual dengan wayang kontemporer ciptaannya yang disebut Wayang Arek. Buku 15 Cerita Arsitek Muda merupakan bukunya yang terkini, yang diterbitkan akhir tahun 2017.